Sabtu, 01 September 2018

Mempersembahkan Amalan Ibadah Harus yang Terbaik

Mempersembahkan Amalan Ibadah Harus yang Terbaik

عن أبي هريرة رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُول الله صلى الله عليه وسلم: ((مَنْ تَوَضَّأَ فَأَحْسَنَ الوُضُوءَ، ثُمَّ أَتَى الجُمعَةَ فَاسْتَمَعَ وَأنْصَتَ غُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَهُ وَبَيْن الجُمُعَةِ وَزِيادَةُ ثَلاثَةِ أيَّامٍ، وَمَنْ مَسَّ الحَصَا فَقَدْ لَغَا)). رواه مسلم.

Dari Abu Hurairah radhiallahu'anhu katanya: "Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:
"Barang siapa yang berwudhu' lalu memperbaguskan wudhu'nya kemudian mendatangi shalat Jum'at, lalu mendengarkan khutbah serta berdiam diri, tidak bicara sedikit pun, maka diampunilah untuk antara Jum'at itu dengan Jum'at yang berikutnya dan ditambah pula dengan tiga hari lagi. Barangsiapa yang memegang mempermain  batu kerikil di waktu ada khutbah maka ia telah berbuat kesalahan." (HR. Muslim)

Pelajaran yang terdapat di dalam hadist:

1. Berwudhu merupakan syarat sahnya shalat maka hendaknya dilakukan dengan benar (syarat dan rukunnya), baik dan sempurna.
2. Makna ampunan baginya diantara dua Jumat dan ditambah tiga hari, yaitu : Setiap kebaikan akan dilipatgandakan pahalanya sama dengan sepuluh atau semisalnya.
3. Hadits tersebut sebagai isyarat adanya anjuran untuk fokus yaitu: hati, fikiran dan seluruh anggota badan kepada khutbah, dan menjauhkan dari yang sia-sia.

Ayat Al-Quran yang berkaitan dg hadits diatas diantaranya adalah:

Allah Shubanahu wa Ta'ala telah memerintahkan kepada orang-orang mukmin untuk berkumpul (di masjid) guna mengerjakan ibadah kepada-Nya di hari Jumat.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ

Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu untuk mengingat Allah. (QS. Al-Jumu'ah: 9).


Barakallahu lahum...!!!
Copas Grup WA

Ditulis Oleh : Andi // 01.56
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 
free counters

Blogger Community

Diberdayakan oleh Blogger.